BARNER BLOGGER

Blog Sejarah Seni dan Budaya

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

RENUNGAN JIWA ENCUM NURHIDAYAT

Lencana Facebook

Entri Populer

IKLAN BLOG

PENGUNJUNG/ PEMBACA

SIAPAKAH R. SURYA KENCANA ?


Berdasarkan sejarahnya tahun 1529 kerajaan Talaga direbut oleh Cirebon dari Negara Pajajaran dalam rangka penyebaran agama Islam.  Tetapi raja-raja Talaga, yaitu Prabu Siliwangi, Mundingsari, Mundingsari Leutik, Pucuk Umum, Sunan Parung Gangsa,  Sunan Wanapri, dan Sunan Ciburang, masih menganut agama lama.
Sunan Ciburang memiliki putra bernama Aria Wangsa Goparana,  merupakan leluhur  Eyang Suryakancana  merupakan orang pertama memeluk  Islam, namun tidak direstui oleh orang tuanya. Akhirnya Aria Wangsa Goparana meninggalkan keraton Talaga  menuju Sagalaherang, Kabupaten Subang.
Di Sagalaherang, mendirikan pondok pesantren untuk menyebarkan agama Islam.  Pada akhir abad ke-17, beliau wafat di Kampung Nangkabeurit, Sagalaherang.   Beliau meninggalkan putra-putri, yaitu:   DJayasasana, Candramanggala, Santaan Kumban, Yudanagar, Nawing Candradirana, Santaan Yudanagara, dan Nyai Mas Murti. Aria Wangsa Goparana, menurunkan para Bupati Cianjur yang bergelar Wira Tanu dan Wiratanu Datar serta para keturunannya.
Putra sulungnya, Djayasasana dikenal hamba saleh.  Setelah dewas, Djayasasana meninggalkan Sagalaherang  diikuti orang dekatnya. Kemudian bermukim di Kampung Cijagang, Cikalongkulon, kabupaten Cianjur. Djayasasana yang bergelar Aria Wira Tanu, menjadi Bupati Cianjur atau Bupati Cianjur Pertama (1677-1691) meninggal dunia antara tahun 1681 -1706 meninggalkan putra-puteri sebanyak 10 orang, masing-masing Dalem Anom (Aria Natamanggala), Dalem Aria Martayuda (Dalem Sarampad),  Dalem Aria Tirta (Di Karawang),  Dalem Aria Wiramanggala (Dalem Tarikolot), Dalem Aria Suradiwangsa (Dalem Panembong), Nyai Mas Kaluntar,  Nyai Mas Karangan,  Nyai Mas Djenggot dan Nyai Mas Bogem.

Lalu Siapa Eyang Suryakancana?
Djayasasana yang bergelar Aria Wira Tanu  memiliki seorang istri lain dari bangsa jin Islam dan dikaruniai  tiga orang putra-putri, yaitu Raden Eyang Suryakancana yang hingga sekarang dipercayai bersemayam di Gunung Gede atau hidup di alam jin, kini dijadikan nama Universitas Suryakancana Cianjur. Putri kedua, Nyi Mas Endang Kancana alias Endang Sukaesih alias Nyai Mas Kara, bersemayam di Gunung Ceremai, dan Andaka Warusajagad (tetapi ada juga yang menyebutkan bukan putra, tetapi putri bernama Nyai Mas Endang Radja Mantri bersemayam di Karawang).

Dalem Cikundul sebagai leluhurnya sebagian masyarakat Cianjur, yang tidak terlepas dari berdirinya pedaleman (kabupaten) Cianjur. Maka Makam Dalem Cikundul dijadikan tempat ziarah yang kemudian oleh Pemda Cianjur dikukuhkan sebagai obyek wisata ziarah, sehingga banyak dikunjungi penziarah dari pelbagai daerah.

Selain dari daerah-daerah yang ada di P Jawa, banyak juga penziarah dari luar P. Jawa seperti dari Bali,  Sumatra,  Kalimantan, banyak juga wisatawan mancanegara. Penziarah setiap bulan rata-rata mencapai 30.000 lebih pengunjung, mulai dari kalangan masyarakat bawah, menengah, hingga kelas atas, dan ada pula dari kalangan artis.  Biasanya yang berziarah paling banyak pada bulan Mulud. dan pada setiap malam Jumat, apalagi malam Jumat Kliwon dan pada hari Minggu.

26 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,
Sangat perlu kita mengetahui sejarah silsilah orang-orang terdahulu disekitar kita.Karena banyak jasa mereka yangterlupakan.Diantaranya mereka menanamkan Agama Islam ditempat kita dilahirkan.Terkadang kita sendiri tidak mengetahui siapa kakeknya Bapak/Ibu?yang padahal quburanya ada disekitar kita.Alangkah baiknya dengan diceritakan kisah seseorang yang sangat berjasa bagi kita,yang membawa kita kejalan yang benar.Seperti halnya kisah Eyang Suryakencana.yang dihormati dan disegani oleh manusia dan bangsa jin.Alhamdulillah tahadus bini*mah,saya ketika mengobati orang yang kena gangguan jin,saya hadiah surat ALFATIHAH kepada Eyang H.Suryakencana beserta ayah dan kakek Nya,dengan izin Alloh,roh jahat dan jin yang melekat/bersatu ditubuh seseorang,bisa keluar dari tubuh manusia.Sampai saat ini pengobatan saya lakukan dengan hadiah ALFATIHAH terlebih dahulu,selengkapnya kontak email:h.ade94@yahoo.co.id/alfatah haji ade/majlisalfatah@gmail.com

26 Juli 2012 pukul 11.49
Unknown mengatakan...

praktek seperti eyang subur memang sudah marak, terutama yang bertujuan memecah belah, membuat suami istri cerai. Karena dalam al quran surat al baqoroh ayat 102 sudah diperingati.

Kalau ada salah satu pasangan suami istri yang kesurupan jin, baca saja ayat 102 itu dengan iman lurus&penuh keyakinan&kepasrahan kepada Alloh. Kemudian tiup telapak tangan anda dan tempelkan ke ubun2 si korban.

16 April 2013 pukul 06.06
PAK_HUSENI mengatakan...

ALHAMDULILLAH HANYA DENGAN
UANG 200 ribu UTANG2 SAYA
SEMUANYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA,ITU SEMUA BERKAT BANTUAN AKI KERAMAT..TRIMAH
KASIH BANYAK YAA AKI ATAS
ANKA JITUNYA SAYA DAPAT
50juta DAN SEKALI LAGI KAMI
SEKELUARGA MENGUCAPKAN
BANYAK TRIMAH KASIH DAN REJEKI
YG KAMI DAPAT MELALUI AKI KERAMAT KAMI SUMBANKAN 25%
KEPANTI ASUHAN SEBAGAI
RASA SYUKUR KAMI PADA
TUHAN YG MAHA KUASA,SEKALI
LAGI MAKASIH AKI,JIKA
ANDA INGIN MERUBAH NASIP
SEPERTI SAYA HUB AKI KERAMAT DI
082-353-285-559 ATAU KLIK http://akikeramat.blogspot.com/

23 November 2013 pukul 06.58
Unknown mengatakan...

Assalaammu'allaikum wr wb

Maaf pa haji ade,, maksud berjiarah itu adalah untuk memberi doa atow untuk meminta,, sbenarnya klo mmberi doa itu bukan'y klo dirumah saja jga bsa ya pa haji dan gak usah jauh2 ke makam nya ...

6 Januari 2014 pukul 07.15
Unknown mengatakan...

Assalaammu'allaikum wr wb

Maaf pa haji ade,, maksud berjiarah itu adalah untuk memberi doa atow untuk meminta,, sbenarnya klo mmberi doa itu bukan'y klo dirumah saja jga bsa ya pa haji dan gak usah jauh2 ke makam nya ...

6 Januari 2014 pukul 07.18
Anonim mengatakan...

assalaamu’alaikum, sampurasuuun… maaf, sumber referensi sejarah yg di paparkan diatas tadi sumber nya dari mana ya .? mohon penjelasan nya.

dan pada poin 6, ada kalimat ”Konon, Eyang Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia”

coba tolong perhatikan pada kalimat ”Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul.” … bukankah Embah Dalem Cikundul itu adalah RD. ARIA WIRA TANU DATAR ayah dari RD. SURYA KENCANA .? yg jd pertanyaan, masa seorang ayah berada di bawah kepemimpinan/kekuasaan seorang anak .?

sy mohon penjelasan nya dari yg memaparkan sejarah diatas tadi, karena menurut sy, sejarah diatas lebih dominan salah nya ketimbang benar nya. SEKIAN dan TERIMAKASIH. wassalaamu’alaikum wr. wb

salam sejahtera, smga keberkahan serta keselamatan bersama kita. aamiin alloohumma aamiin ( SUGIH MUKTI ).

6 Juni 2014 pukul 06.31
Doel mengatakan...

Insya Allah saya tau makam raden Surya Kencana sebab beliau makamnya ada didaerah kami hub saya 081383253186. mudah2an anda dapat dipertemukannya.

16 Oktober 2014 pukul 16.53
Anonim mengatakan...

Sejarah yg diplintir... nggak jelas narasumbernya... klo narasumber dri yg plaku sjarhnya yg bicara itu bru bnar...

20 Juli 2015 pukul 02.35
Unknown mengatakan...

Sotoy ente Huseni

10 Januari 2016 pukul 15.18
Unknown mengatakan...

Sotoy ente Huseni

10 Januari 2016 pukul 15.18
Unknown mengatakan...

Coba kupas lagi.sejarah yg ada.di tanah.jawa.khususnya.bogor, kayaknya belom.klik kebenerannya. Banyak versi, mana yg bener ??

10 Januari 2016 pukul 15.21
Unknown mengatakan...

Coba kupas lagi.sejarah yg ada.di tanah.jawa.khususnya.bogor, kayaknya belom.klik kebenerannya. Banyak versi, mana yg bener ??

10 Januari 2016 pukul 15.21
Unknown mengatakan...

Yeuh eta ari R.aria Tirta majar dikawang, karawangna dimana seh?

9 Maret 2016 pukul 23.02
Unknown mengatakan...

Yeuh eta ari R.aria Tirta majar dikawang, karawangna dimana seh?

9 Maret 2016 pukul 23.03
Unknown mengatakan...

Buat saudara yg penasaran mo ketemu Eyang haji surya kencana dateng Aja ke gunung gede pasar gunung putri tar tanya rumahnya pak jajang putra almarhum ma iyom nah didalem rumah Pak jajang Ada tempat kamar kusus menuju kerajaan eyang haji tapi bersihkan lahir dulu sebelum kesana.... Silakan coba ingsa Allah ketemu

20 Maret 2016 pukul 04.13
viilapermata mengatakan...

Assalamualaikum ,
Di kampung saya terdapat makom Raden suramanggala ,dan saya sendiri belum tau percis silsilah asal keturunan Raden suramanggala tersebut konon cerita masih keturunan kanjeng aria wiratanudara pendiri kota cianjur,rasa penasaran saya tercuat oleh banyaknya posting yang menceritakan tentang silsilah keturunan lelur yang berada di jawa barat dan kota cianjur khusus nya,klw ada yang bisa jelaskan bisa datang langsung ke alamat saya sendiri,
Nama,aris risdiawan
Alamat,Kp.Panyindangan rt/rw 004/001 Desa sukasari kec.karangtengah kab.cianjur
Hp,085723368497

Wa'alaikum salam wr.wb

15 April 2016 pukul 00.38
Izzanstore mengatakan...

Asslmualaikum bikers all fosting,saya As kedar mengingatkan,karna saya pernah naik k gunung gede,jadi jangan sembarangan membuatinfo atau cerita terutama tentang mitos raden haji surya kencana,karna aura gaib yang berada di gunung gede mengetahui apa2 yang saudara2 tulis atau ceritakan,yang penting untuk sekarang ini kita banyak2lah istigfar dan Pasrahkan pada sang maha zat yang kuasa dengan penuh keyakinan.

17 Juni 2016 pukul 20.35
Encum Nurhidayat, SP mengatakan...

TERIMAKASIH SEMUA ATAS KOMENTARNYA... SALAM PERSAHABATAN..

1 September 2016 pukul 22.37
Unknown mengatakan...

terima kasih atas iformasinya tentang silsilah Raden surya Kencana dan mahkam Raden Surya Kencana sya memanglagi nyari silsilahnya. RA. Surya Kencana dan kebeneran sya sudah ketemu dengan cucunya

14 September 2016 pukul 22.13
BERITA SPKUU COMMUNITY SINGALAM mengatakan...

Saya mau bertanya, di wilayah cibeber ada salah satu makom yang pernah ada namanya raden adi manggala bin wirata nudatar, siapakah beliau. Apakah beliau juga putra dari raden jayasana, ataukah cucunya. Karena dicibeber ada beberapa makom yang terdahulu, seperti putri purba negara, dan raden purba negara serta banyak yang lain nya

6 Mei 2017 pukul 07.25
Anonim mengatakan...

Yang benarnya bagaimana?

6 Januari 2018 pukul 14.30
Unknown mengatakan...

Sejarah udah amburadulbnyk yg ngaku ngku di cirebonlah adanya makam r surya kencana sebab r surya kncana adalah sudah berhujud khodam dia bisa berpindah pindah tempat untuk lebih jelas hubungi bpk wastar pabedilan cirebon atau buka digoogle wastar pria unik bisa melihat matahari berjam jam mksh atas perhatianya kami tunggu untuk konsultasi

29 Agustus 2018 pukul 19.42
Unknown mengatakan...

Maaf teman teman jngn sesekali mengharap rizki yg jatuh dari langit setidanya kita harus berusaha dengan cara lahir dan bathin yg artinya usaha lahir usaha yg nyata kerja keras dan bathin artinya kita harus sujud dimalam hari minta sama yg di atas sebab semua rizki hanya allah yg ngatur mksh ya teman semoga bisa jadi motipasi tmn tmn supaya jnngn sampe terjerumus ke jln yg salah amin

30 Agustus 2018 pukul 16.33
Unknown mengatakan...

Di Lingkungan Klenteng Cileungsi juga terdapat Makam / Makom R.Surya Kencana , Wallahu a'lam..

23 November 2018 pukul 10.31
Unknown mengatakan...

Aku pernah bertemu sama beliau.

13 Juni 2019 pukul 09.12
Anonim mengatakan...

Punten kang tiasa nyuhunken WA na

24 April 2024 pukul 17.09

Posting Komentar

Kumaha tah saur anjeun.....

adsense

MUTIARA HATIKU